Dada Sakit Seperti Dicubit, Apa Ini Sakit Jantung?

Jakarta, Dok, akhir-akhir ini dada kiri saya sakit serasa dicubit. Sakit ini datang tiba-tiba. Tetapi hampir setiap hari. Apakah ini indikasi jantung? Langkah apa yang mesti dilakukan? Terus terang saya takut untuk periksakan hal ini ke Dokter. Terimakasih.

Kurnia (Wanita lajang, 21 Tahun), waliXXX@ymail.com
Tinggi 155 Cm dan Berat Badan 65 Kg

Jawaban:

Dear Ibu kurnia,

Berdasarkan pernyataan Anda, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dari gejala nyeri dada. Apakah Anda sudah memeriksakan diri ke dokter?

Nyeri dada memang patut kita waspadai, ada beberapa faktor yang menyebabkan nyeri dada, sperti:

1. Nyeri dada dari rongga dadanya sendiri, ini terjadi karena adanya ganguan dari paru-paru, (bisa terjadi karena infeksi, pembekuan darah, kanker)
2. Nyeri dada akibat gangguan pencernaan (maag, asam lambung meningkat)
3. Nyeri dada karena batuk. Kondisi ini terjadi karena ada infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus
4. Nyeri dada pada otot atau tulang dada. Kondisi ini terjadi karena adanya infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus.
5. Nyeri dada angina: nyeri dada yang sangat tidak tertahankan, seperti ada tekanan berat yang menimpa dada anda. Juga disertai gejala sesak napas, dan jantung berdebar-debar (Palpitasi). Selain itu, pasien juga merasakan pusing, tidak dapat tidur dengan nyenyak.

Untuk itu anda sebaiknya cek ke dokter untuk mengetahui penyebab langsung dari nyeri dada. Langkah pertama yang harus Anda lakukan anda cek ke dokter dan melakukan tes foto rontgen dada untuk mengetahui penyebab dari nyeri dada tersebut.

Demikianlah kami sampaikan, jika Anda ada pertanyaan Anda boleh datang dan berkonsultasi langsung dengan dokter kami dengan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E, Jalan S Parman Kav72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


( up/vit)

Punya Pertanyaan Seputar Kesehatan? Silahkan Klik di Sini


Source : detik[dot]feedsportal[dot]com