Ya Ampun, Ayah Ibu Ini Tega Ikat Leher Anaknya dengan Kalung Hewan Elektrik

Connecticut, Entah apa yang ada di pikiran wanita bernama Paula Montanez (34) ini. Ia sengaja membiarkan leher putrinya yang berusia sembilan tahun diikat menggunakan kalung anjing elektrik oleh suaminya yang merupakan ayah tiri si anak.

Eduardo Montanez (43) dengan sengaja mengikatkan kalung anjing elektrik ke leher anak tirinya sambil menyuruh si anak menyalak sementara Paula hanya berdiri menyaksikan tanpa menghentikan aksi suaminya itu. Di leher gadis itu juga terdapat beberapa bekas ikatan kalung elektrik.


Polisi menduga bahwa sebelumnya gadis ini sudah beberapa kali diikat menggunakan kalung tersebut. Kalung anjing elektrik digunakan untuk memelihara anjing dalam jarak tertentu. Saat si anjing melewati jarak yang ditentukan, maka otomatis anjing itu akan merasakan sengatan listrik.


Dilansir Medical Daily, Kamis (31/10/2013), gadis cilik ini mengatakan pada polisi bahwa ia hanya tersengat kalung elektrik itu sekali, tapi ibu dan ayah tirinya sudah memukuli dia beberapa kali. Penyidik dari Department of Children and Families diberi tahu pihak sekolah karena gadis itu sering tidak masuk sekolah akibat dianiaya orang tuanya.


Kini, Eduardo dan Paula sudah ditahan. Di pengadilan, pengacara Eduardo berargumen bahwa apa yang dikatakan gadis kecil itu bohong. Apalagi, Eduardo adalah seorang pekerja keras yang tidak pernah terlibat kasus kekerasan dalam rumah tangga. Padahal, polisi mencatat bahwa Eduardo pernah terlibat kasus pencurian di New York dan Florida.


"Anda memang harus mendisiplinkan anak-anak dan membuat mereka menurut pada Anda, tapi tidak dengan memasangkan kalung anjing elektrik seperti itu. Hal ini sangat memalukan, mereka tak pantas melakukannya pada anaknya sendiri atau siapa pun," kata salah satu tetangga Eduardo, Desiree Gesualdi kepada WFSB TV.


Penggunaan kalung anjing elektrik memang menuai kontroversi bahkan ketika digunakan pada hewan. Beberapa wilayah seperti Wales telah melarang penggunaan kalung itu. Perdebatan tentang bukti ilmiah bahwa kalung itu bisa memperbaiki perilaku binatang peliharaan juga terus terjadi. Banyak pemerhati binatang yang tak setuju penggunaan kalung ini karena tidak aman dan bisa menyakiti hewan.


(vit/vit)