Koleksi Iwan Tirta di Majalah Vogue Italia

KOMPAS.com - Setahun sebelum wafatnya, Sabtu (31/7/2010) lalu, perancang batik Iwan Tirta masuk dalam daftar seniman berpengaruh di dunia versi majalah Time. Tahun lalu, sejumlah koleksinya di Pusaka Iwan Tirta menjadi salah satu yang menghiasi halaman majalah Vogue terbitan Italia.

Ada enam koleksi Iwan Tirta yang terekam dalam foto karya Eric Chang yang tampil di Vogue. Satu di antaranya yang mencolok adalah yang diberi judul Amarantine.


Diperagakan oleh model Gabriella Toth, ada tiga karya desainer yang bersatu di dalamnya, yakni rurban batik milik Iwan Tirta, lalu ada blazer sutra koleksi Harry Darsono, serta peacock dress milik Alexander McQueen. Foto tersebut diperkuat dengan fine art sculpture dari kertas Bee Hive karya Ji Ae Park.


Lalu pada gambar kedua yang tak kalah menariknya adalah tema Spring Love. Foto close-up wajah model ini didominasi batik milik Iwan Tirta (Pusaka Maha Karya). Selain itu ada headpiece kreasi dari Bruce Claypool. Untuk karya satu ini banyak pengarah gaya yang terlibat, di antaranya Clement Durand, Eric Chang, Minh Nguyen, dan Emillia Puchinni, serta desainer Adam Cottingham, Minh Nguyen, dan Zorine Pooladian.


Pada gambar ketiga bertajuk Oroboros, model Gabrielle seolah berlari mengenakan rok mahakarya Iwan Tirta dengan kolaborasi Rick Owens. Oroboros merupakan kursi yang didesain oleh Adam Cottingham, yang ada di samping model.


Tiga gambar lainnya menampilkan koleksi anggun batik Iwan Tirta yang khas. Ada satu gaun warna biru panjang menjulur dan dipotret dengan sangat baik. Koleksi Iwan Tirta yang ada di bagian ini memberi kesan tersendiri yang berkesan sangat modern.


Olahan batik tradisi dengan sentuhan modern menjadi salah satu kekuatan Iwan Tirta yang juga disebut-sebut oleh majalah Time dalam seri khususnya di tahun 2009. Dalam daftar tersebut, Iwan disejajarkan dengan seniman berpengaruh di dunia lain seperti Mozart dan Beethoven, seperti disampaikan Amy Wirabudi, pemimpin redaksi majalah InStyle Indonesia pada malam penutupan pameran koleksi Iwan Tirta di Museum Tekstil Jakarta, beberapa waktu lalu.


Dalam kutipan di majalah Time disebutkan juga karya Iwan kerap tampil di berbagai pekan mode internasional, dan masuk dalam berbagai majalah fashion bergengsi, di antaranya Vogue. Iwan telah membuat koleksi eksklusif yang memberi kontribusi besar dalam pengembangan teknik dan produksi batik Indonesia.


Editor :


Felicitas Harmandini