Sophie Navita Pilih Hidup dengan Sayur Mentah

JAKARTA--MICOM: Selama 2,5 tahun terakhir, presenter Sophie Navita menganut gaya hidup raw food atau makan makanan, khususnya sayuran, mentah.

Demi hidup sehat dengan memakan sayuran mentah, Sophie rela terbang ke Amerika guna mengikuti sekolah mengolah makanan mentah dan mempelajari nilai gizi.

"Dari September lalu, kira-kira sebulan lebih belajar di Living Light Culinary Institute di Fort Bragg, California. Itu untuk sertifikasi raw food chef and instructors. Mempelajari khasiat sayur, buah, biji-bijian mentah yang tidak melalu pemanasan," kata Sophie di Jakarta, Senin (3/12).

Bersama sang suami, Pongki Barata, Sophie mengatakan setiap hari ia selalu menyediakan semangkok besar sayuran mentah.

Namun, ia tak mau disebut vegetarian karena masih memakan daging, nasi, jajanan pasar, dan protein lain meski porsinya dibatasi. Kini, bobot tubuh Sophie mengalami penurunan sebanyak 5 kg menjadi 50 kg.

"Saya mindful eater, makan dengan kesadaran. Kalau di rumah saya punya kebebasan makan sayur-sayuran dari pedagang langganan sayur organik yang saya olah sendiri. Kalau di luar orang nawarin makanan, kami enggak mungkin menolak semua. Dari semua makanan yang dikasih, pilih yang paling mirip dengan bentuk aslinya," terangnya.

Bagi kakak penyanyi Lea Simanjuntak tersebut, masyarakat saat ini hidup serba cepat termasuk makan. Mereka memilih makanan cepat saji tanpa mengetahui kadar kalori dan gizi yang mungkin bisa memicu penyakit-penyakit degeneratif.

Lewat akun Twitternya, Duta ASI oleh Yayasan Sentra Laktasi Indonesia tersebut sering kampanye hidup sehat dengan makan sayur.

"Tweet saya sering saya kasih tagar #IndonesiaMakanSayur. Saya pengen generasi bangsa hidup lebih sehat. Karena kita ini yang muda-muda kan generasi bangsa. Banyak yang makan sekarang tinggi kalori, gizi nol. Banyak penyakit-penyakit degeneratif saat ini yang bisa kita cegah di depan, kalau kita seimbangkan pola makan," tutur

Suami Sophie yang juga mantan vokalis Jikustik, Pongki, mengaku bersyukur memiliki istri yang mengerti dengan makanan sehat. Pongki mengaku sempat memiliki kolesterol tinggi karena ia sama sekali tak suka makan sayur.

Dimulai dengan belajar makan sayur timun dan wortel, kini Pongki juga mengikuti sang istri mengkonsumsi sayuran mentah setiap hari. Pola makan sayur setiap hari pun diikuti juga kedua anak mereka.

"Saya dapat info yang terbaik untuk keluarga saya dari istri. Prinsip saya dan anak-anak, yang mama kasih makan di meja itu bukan racun. Beberapa idola saya Mick Jagger, Yon koeswoyo, Paul McCartney hidupnya sudah jadi kebiasaan makan sayuran. Makan adalah masalah krusial buat saya," ujar Pongki. (LV/OL-5)
Source : mediaindonesia[dot]feedsportal[dot]com