Wuih! Nyamannya Memerah ASI di Kantor Pertamina

Jakarta, Para 'mama perah' yang bekerja di kantor Pertamina Pusat pantas merasa senang. Sebab perusahaan pelat merah itu mendukung upaya mereka memberikan ASI eksklusif dengan menyediakan tempat khusus untuk memompa ASI yang nyaman.

Ruangan khusus ini berada di Lantai M yang berada di antara 2 gedung utama Pertamina, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta. Sebelumnya hanya ada 7 bilik untuk digunakan para karyawati memompa ASI. Namun kini ruangan diperbesar sehingga ada 12 bilik plus satu sofa.

"Ruang memompa ini menurut saya ditata dengan cukup rapi, dengan dinding yang berwarna warni. Saya sampai terkagum-terkagum ketika pertama kali masuk ke ruangan ini karena saya pikir ruangannya akan sama dengan ruangan lain di kantor, hanya ditambah tulisan 'pria dilarang masuk'," tutur Ika, salah satu karyawati yang menggunakan ruang ASI itu kepada detikHealth, Rabu (28/11/2012).

Dia menjelaskan, para ibu diberi pilihan untuk memompa ASI secara 'private' di bilik atau duduk santai sambil menonton televisi di serambi utama. Bagi Ika hal itu sangat penting mengingat para ibu menyusui memiliki kebiasaan masing-masing dalam mengoptimalkan ASI yang bisa dipompa.

"Nursing room ini dilengkapi dengan kulkas serta sterilizer untuk membersihkan perlengkapan memompa," jelas Ika.

Uniknya, selain sebagai tempat memerah ASI, nursing room tersebut juga menjadi tempat untuk bersosialisasi. Di tempat inilah komunitas 'Mama Perah' lahir dan berkembang menjadi komunitas yang lebih luas di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Di ruangan tersebut berbagai poster tentang menyusui banyak ditempelkan. Mulai dari cara-cara memerah ASI, cara menyusui yang benar hingga prosedur yang harus dipatuhi untuk memanfaatkan nursing room misalnya harus melepas sepatu sebelum masuk ruangan.

Untuk keseluruhan kantor pusat Pertamina, tempat memompa ASI hanya ada satu. Menurut Ika, mengingat pekerja wanita di kantor tersebut cukup banyak jumlah bilik yang tersedia masih perlu ditambah.

"Nursing room yang nyaman tentu sangat membantu kami para ibu menyusui dalam bekerja. Ruangan yang nyaman akan mengoptimalkan waktu memompa sehingga kami dapat segera melanjutkan pekerjaan di tempat masing-masing," paparnya.


( vit/pah)
Source : detik[dot]feedsportal[dot]com