Sup Asparagus, Senjata Memerangi Diabetes

Sayuran tinggi karbohidrat ini juga dapat menurunkan nafsu makan.  
Sayuran tinggi karbohidrat ini juga dapat menurunkan nafsu makan.  

VIVAlife - Menikmati dunia kuliner, seharusnya tidak hanya mencicipi kelezatannya saja. Ternyata banyak jenis makanan yang dapat dijadikan senjata ampuh untuk memerangi gangguan tubuh. Nikmat, sekaligus menyehatkan. Asparagus misalnya. Sayuran yang biasa dihidangkan dalam bentuk sup ini bisa mengatasi diabetes. 

Kandungan nutrisi di dalamnya, bekerja mengontrol kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin tubuh. Asparagus juga dapat membantu penyerapan glukosa. Hanya saja, untuk menunjukkan hasil signifikan, konsumsinya memang harus dalam jumlah yang banyak. 

Di Inggris misalnya, makanan ini kini meningkat konsumsinya, setelah para ilmuwan menemukan khasiat baru ini. Tercatat, diabetes tipe 2 menjadi penyumbang  terbesar kasus diabetes. Bahkan hampir 90 persen. Sebuah institusi yang menangani diabetes di Inggis pun memprediksi, kasus diabetes bisa meningkat dari 2,5 juta menjadi empat juta, pada tahun 2025 nanti. Parahnya, diabetes jenis ini dapat meningkatkan risiko jantung dan stroke. 

Di Pakistan pun, para ilmuwan dari University of Karachi melakukan percobaan pada tikus. Mereka menyuntikkan bahan kimia untuk meningkatkan kadar gula darah, dan menurunkan tingkat insulin. Tikus-tikus ini kemudian dirawat menggunakan ekstrak asparagus. Hanya dalam waktu 28 hari, kadar gula darah dan insulinnya dapat kembali normal. 

Selain asparagus, peneliti juga menyarankan pada para penderita diabetes, untuk memperbanyak konsumsi brokoli, dan bayam. Sayuran ini juga mengandung antioksidan yang dikaitkan dengan kontrol gula darah. 


Source : kosmo[dot]vivanews[dot]com