Ratih Maharani Jadi Hypnoterapis Langsing Setelah Alami Kegemukan

Ratih Maharani Jadi Hypnoterapis Langsing Setelah Alami Kegemukan

Profil | oleh Melly Febrida

Ratih Maharani Jadi Hypnoterapis Langsing Setelah Alami Kegemukan
Liputan6.com, Liputan6.com, Jakarta: Pernah menjadi gemuk itu yang dialami Ratih Maharani Wibowo. Dulu, bobotnya mencapai 83 kilogram. Tapi dengan terapi yang ia lakukan sendiri a bisa menurunkan berat badannya hampir setengahnya menjadi 49 kg.

Kini profesi yang digeluti Ratih malah membuat orang menjadi langsing tapi sehat. Ia menanamkan sugesti kepada klien-kliennya bahwa makan banyak tak akan membuat seseorang gemuk asalkan giat beraktivitas sehingga mempunyai berat badan yang ideal.

Terapi yang digunakannya itu disebut dengan hypnoslimming. Berat badan seseorang bukannya dihilangkan, tapi ia mengubah cara pandang orang itu sehingga hidup sehat. "Cara pandang berubah. Oke nggak olahraga nggak apa-apa, tapi banyak aktivitas seperti bersihin kamar mandi, cuci mobil. Kayak aku, paling tidak jalan kaki," kata Ratih saat diwawancara Liputan6.com, Kamis (22/1/2012).

Dengan metode hypnoslimming, Ratih memberikan sugesti kepada kliennya bahwa apa pun makanan mereka dan seberapa banyak mereka makan meraka, berat badan tetap ideal. "Yang kita kejar berat tubuh dan bentuk tubuh harus seimbang dan proprosional".

Ratih memang sudah kembali kurus hampir seperti zaman kuliah dulu. Meski makan banyak, Ratih tak takut berat badannya bakal naik tajam seperti sesudah melahirkan dulu. Semasa kuliah, bobotnya tak pernah lebih dari 45 kg. Namun setelah melahirkan buah hatinya yang pertama, Titan Alexander Calendra, bobotnya naik drastis.

Setelah berhasil menurunkan berat badannya, Ratih sehari saja bisa makan besar 10 kali, tapi tubuhnya tetap saja langsing. Baginya makan banyak tak masalah asal diimbangi dengan aktivitas yang sebanding."Saya sehari bisa makan 10 kali lho. Makan besar lagi. Tapi kan yang penting diimbangi dengan aktivitas fisik yang sebanding," kata wanita kelahiran 20 Desember itu.

Ratih sudah 2 tahun ini aktif dalam dunia hypnoslimming. Ketertarikannya dengan dunia hypnoslimming bermula ketika ia mendapat kiriman newsletter dari Facebook. Dari situ ia mulai mempelajarinya dengan mengikuti sejumlah pelatihan. Dan ia juga menggunakan ilmunya itu untuk membuat dirinya kembali langsing dan sehat.

"Aku memang dari dulu sukanya yang aneh-aneh. Karena tertarik, aku akhirnya belajar mulai dari basic," ujar Ratih.

Usai mempraktikkan sendiri, anak kedua dari empat bersaudara itu hanya membutuhkan waktu 1,5 tahun sehingga bobotnya berkurang dari 83 kg menjadi 49 kg. "Jadi Juni 2011, aku stop terapi orang. Aku bingung mau apa, aku coba deh terapi diri sendiri. Aku bersihin pikiranku. Masalahku ada di hormon. Itu bukan dari KB tapi bisa karena stres," ungkap Ratih.

Pasien Ratih juga bukan sembarangan orang. Sejumlah selebritis dan istri pejabat tertarik dengan terapi hypnoslimming. Namun ia ogah membongkar identitas pasiennya. "Itu kode etik. Di rumah saya saja ada file, nggak ada yang berani," ujarnya.

Menurut Ratih, dalam hypnoslimming yang penting adalah membuat tubuh langsing dan tetap sehat. Berat badan tetap ideal dengan porsi tubuhnya. Seseorang yang badannya kecil tapi perutnya buncit belum tentu mempunyai berat yang ideal. "Lingkar pinggang itu berhubungan dengan kesehatan," jelasnya.

Ketika seseorang ingin menurunkan berat badan yang ideal, ia mengingatkan pasiennya bahwa proses terapi ini tidak boleh melibatkan emosi. Untuk itu, dalam hypnoslimming dilakukan clenasing dan program otak.

"Kalau nggak berhasil itu karena tidak konsisten. Turun pasti turun. Paket itu yang penting cleansing sama program otak. Itu orang yang nggak sabar. Apalagi kalau udah turun nggak dateng lagi".

"Setiap orang punya target. Pernah ada klien saya yang nekat. Sebenarnya dalam rekomendasi klinis itu 3 kg/bulan karena kelebihan bisa ganggu sistem tubuh".

"Kemampuan orang beda-beda. Dia sih bisa turun 5 kilo dalam seminggu, tapi setelah itu sakit".

Ratih menjamin, jika seseorang berat badannya sudah ideal setelah hypnoslimming maka bakal permanen dengan menguncinya. "Seperti aku yang stuck di 49 kg," katanya.

Lagi-lagi ia mengatakan, saat seseorang ingin menurunkan berat badan perlu dipertegas tujuannya. Misalnya saja, orang gemuk ingin mempunyai berat yang ideal tapi lingkungan bisa membuat alam bawah sadarnya terpengaruh."Ada pikiran yang mengatakan kamu keturunan gemuk. Itu ada link yang harus dibenerin. Minta izin ke tubuh..."

"Sudah dikunci sih nggak naik lagi, tapi harus belajar self suggesty. Sehingga bisa ngeblok diri sendiri".

Untuk mengukur berat badannya, Ratih tidak pernah menggunakan timbangan. Hanya cincin yang menjadi patokan kalau berat badannya naik. Baginya, timbangan hanya membuat orang panik dengan berat badannya. "Aku nggak mau pakai timbangan, pakai cincin. Timbanganku ini," ungkapnya.

Dengan hypnoslimming, Ratih merasakan banyak manfaatnya. Selain membuat tubuh langsing yang sehat, hipnotis juga bisa digunakan untuk mengobati anaknya ketika batuk. "Kalau anakku sakit bisa cepet sembuh lho," kata lulusan UPN Veteran Yogyakarta.

BIODATA

Nama lengkap
Ratih Maharani

Tanggal lahir
20 Desember 1974

Suami
Ir Christiono Sadso Wibowo

Riwayat Pendidikan
Fakultas Hubungan Internasional UPN Veteran Yogyakarta

Sertifikat
Hypnosis Training Institute of Indonesia (HTII)

(MEL/IGW)
Follow @liputan6dotcom
Source : health[dot]liputan6[dot]com