Mengintip Kontes Kecantikan Tubuh Obesitas

Kontestan Miss Big Beautiful Woman 2012 (the sun)
Kontestan Miss Big Beautiful Woman 2012 (the sun)

VIVAlife - Mendengar kontes kecantikan, pikiran kita pasti melayang ke sosok wanita-wanita cantik bertubuh seksi semampai. Buang jauh-jauh pikiran itu setelah menyaksikan jajaran finalis 'Miss Big Beautiful Woman' 2012.

Seluruh finalis kontes kecantikan ini harus memiliki ukuran tubuh melampaui batas ideal. Mereka yang memiliki tubuh langsing dan kaki-kaki jenjang dipastikan tersingkir sejak seleksi awal. Semangatnya adalah bigger is beautiful.

Dengan penuh percaya diri, wanita-wanita cantik itu melenggang di hadapan juri. Selain busana malam, mereka juga berpose dengan balutan bikini yang menampilkan timbunan lemak di sekujur tubuh.

Dilansir The Sun, kontes yang memasuki tahun kedua ini diselenggarakan untuk meningkatkan rasa percaya diri wanita yang memiliki tubuh obesitas. Bahwa menjadi cantik dan berprestasi tak harus langsing.

"Ada begitu banyak keindahan yang terpancar dari wanita-wanita bertubuh plus di dunia, tidak adil jika kita tak memberi mereka kesempatan memenangkan gelar ini," kata Linda Koch, penggagas acara yang digelar di Inggris, akhir pekan lalu. 

Masing-masing kontestan menyimpan cerita seru di balik postur tubuhnya yang besar. Ada yang ukuran tubuhnya melonjak tiga kali lipat usai melahirkan. Ada yang memang gemuk sejak kecil. Ada pula yang memang akibat pola makan tak terkontrol.

"Setelah melahirkan saya tak bisa mengembalikan tubuh saya, sekarang saya hanya berusaha menghindari stres dengan mencintai tubuh saya. Yang penting sehat, karena saya tetap menjaga pola makan dan olahraga tiga kali seminggu," kata Stephanie Shell, kontestan asal Manchester.

Mereka juga berbagi pengalaman mengenai upaya diet yang selalu gagal. Yang pada akhirnya membuat mereka memutuskan untuk tak lagi menyiksa tubuh. "Saya justru merasa sengsara karena terobsesi memiliki tubuh langsing," kata Maura Jackson yang menyesal pernah melakukan pengecilan lambung.

Sementara Gemma Cruickshank, yang memenangi kontes ini, mengaku bangga bisa menginspirasi banyak orang. "Saya tidak minum, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi narkoba, saya hanya suka makan. Saya pikir saya layak dengan gelar ini. Ini bukan berarti saya mendewakan tubuh gemuk. Saya tetap mengutamakan kesehatan," ujar wanita yang mencoba diet sejak usia delapan tahun, tapi selalu gagal.

Pemenang Miss Big Beautiful Woman 2012


Source : kosmo[dot]vivanews[dot]com